Nurmalia Siregar

Guru bahasa Inggris di SMA Negeri 2 Tambang Jl. Bupati Desa Kualu Kecamatan Tambang kabupaten Kampar Provinsi Riau . Menulis di akun media sosi...

Selengkapnya
ROHIS;  Menciptakan Excellent Young Generation

ROHIS; Menciptakan Excellent Young Generation

TAMBANG_Excellent young generation atau generasi muda cemerlang adalah generasi muda yang cerdas dan berwawasan luas serta memiliki kecerdasan spiritual yaitu berakhlak mulia, berbudi pekerti agung, beriman dan bertaqwa kepada Allah ﷻ.

Untuk menciptakan generasi muda cemerlang dibutuhkan usaha yang serius dan konsisten, seperti acara Rohis yang selalu diselenggarakan setiap hari Jum'at di SMA Negeri 2 Tambang.

Kegiatan Rohis pada jumat pagi ini ,14 September 2018 dilaksanakan oleh siswa-siswi kelas XII IPA 2 yang mendapat giliran sebagai petugas Rohis pada kesempatan ini.

Siswa yang bertugas sebagai master of ceremony atau MC adalah Adib dan Indah Permata Sari.

Acara dibuka dengan pembacaan Al quran. Ayat-ayat suci Al Quran di lantunkan dengan indah dan tartil oleh Kemal Mawira dan Tiara Ilmayanti.

Ceramah agama bertema ""Stop Bullying, It's dangerous" disampaikan oleh Fadly Febrianto. Dalam ceramahnya Fadly Febrianto menjelaskan bahwa bullying adalah penggunaan kekuatan dan kekuasaan untuk membuat seseorang atau kelompok merasa inferior yakni merasa kecil, hina, dan tak berdaya.

Bullying dapat berupa kekerasan secara fisik seperti misalnya dengan sengaja menampar wajah atau kepala atau bagian tubuh lainnya, memalak atau merampas milik orang lain.

Bullying juga dapat berupa kata-kata yang menghina dan merendahkan serta kata-kata kotor seperti makian atau sumpah serapah.

Fadly Febrianto juga menyampaikan bahwa bullying merupakan tindak kekerasan yang sangat bertentangan dengan hak azasi manusia dan termasuk tindakan kriminal. Sebab, dampak bullying tidak bisa dianggap enteng, dapat mengganggu perkembangan emosional dan sosial seseorang seperti misalnya prestasi belajar menurut, gelisah dan sulit tidur, gangguan makan, mengucilkan diri dan sensitive, hiperaktif, depresi bahkan nekat melakukan bunuh diri.

Banyak kejadian remaja yang menjadi korban bullying melakukan tindakan bunuh diri, seperti Seorang remaja putra di Amerika Serikat yang nekat terjun dari gedung tinggi dan seorang remaja putri yang melakukan aksi gantung diri.

Sebab itulah, semua pihak, baik orang tua, masyarakat di lingkungan sekitar rumah serta guru-guru di sekolah harus berperan aktif untuk meminimalisir aksi bullying, yaitu dengan cara menumbuhkan karakter mulia seperti saling menghargai dan menghormati serta bersimpati dan berempati kepada orang lain.

Ceramah selanjutnya berjudul "Jomblo itu keren" disampaikan oleh Mayang Sari. Dalam ceramahnya Mayang Sari menghimbau seluruh siswa-siswi SMA Negeri 2 Tambang agar berusaha untuk fokus dan bersungguj-sungguh dalam menjalankan tugas utama mereka yakni belajar dengan serius, mengasah bakat, mengukir prestasi dan berusaha menggapai segala impian dan cita-cita. Tidak perlu membuang-buang waktu, tenaga dan pikiran untuk hal-hal yang tidak memberi manfaat apapun baik untuk kehidupan dunia maupun akhirat, seperti misalnya berpacaran dsb.

Status Jomblo bukanlah suatu aib, justru hal tersebut adalah suatu kemuliaan; menjaga diri dari melakukan hal-hal yang dilarang Allah ﷻ.

Menjadi jomblo yang berprestasi adalah keren karena dapat membahagiakan dan membanggakan orang tua dan lingkungan sekitarnya.

Ceramah selanjutnya disampaikan oleh Annisa Fadilah berjudul "Mengingat Allah". Annisa menyampaikan bahwa dengan mengingat Allah ﷻ jiwa menjadi tenang. Jika ingin bahagia dan tenteram banyak-banyak lah mengingat Allah ﷻ.

Acara Rohis ditutup dengan pembacaan doa.

Dengan menyelenggarakan acara Rohis ini setiap jumat pagi diharapkan dapat menumbuhkan dan memupuk karakter cemerlang atau excellent character para siswa-siswi SMA Negeri 2 Tambang.

Tambang, 14 September 2018

Jum'at, 08.00 AM

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Senang bisa membaca tulisan ini. Banyak kegiatan positif,yah? Bagus...

15 Sep
Balas

Alhamdulillah pak, semoha ke depan bisa lebih baik lagi. Terimakasih pak, salam kenal dari Tambang, kampar Riau. Semoga sehat dan sukses selalu.

15 Sep

Semoga menjadi generasi penerus bangsa yang berakhlak ya bu

14 Sep
Balas

Aamiiinnn terimakasih bu

15 Sep

Luar biasa bu. Semoga makin jaya

15 Sep
Balas

Terimakasih

15 Sep

Terimakasih pak

15 Sep

Mantap

15 Sep
Balas

Terimakasih Pak Musda. Apa kabar? Kalo ada pelatihan lagi jangan lupa info saya....

15 Sep

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali